Oh iya tulisan ini merupakan sambungan dari tulisan saya yang sebelumnya, dimana saya mencoba menjelaskan Monetizing WordPress untuk kategori “Build and Sell”,Β  yaitu Monetizing WordPress kategori yang kedua yaitu “Build, Use & Sell”

Monetizing WordPress : Build, Use & Sell

Untuk kategori yang kedua ini juga memakai bahasa inggris πŸ˜€ , yang kurang lebih begini kalau diterjemahkan “membuat, menggunakan dan menjual” . Berbeda dengan kategori Build & Sell, kategori ini lebih menekankan pada menggunakan WordPress untuk “berjualan”. Biasanya yang menggunakan metode jenis ini adalah Developer sendiri ataupun orang yang punya mindset Marketing.

  1. Ecommerce , nah ini juga banyak yang sering kita jumpai, menggunakan WordPress untuk kegiatan Ecommerce, contoh paling sederhana adalah menempatan produk kedalam website untuk kemudian menggunakannya untuk berjualan. Barangnya macam-macam, dapat berupa barang fisik, digital ataupun jasa. Penggunaan WordPress untuk berjualan memang menjadi trend terbanyak untuk beberapa tahun terakhir ini dan masih akan menjadi trend mengingat membuat sebuah Toko Online sekala kecil dan menengah menggunakan WordPress sangatlah mudah, banyak dukungan yang tersedia mulai dari Template ataupun Plugin WordPress. Plugin WordPress gratis yang paling banyak digunakan adalah Woocommerce.
    Monetizing WordPress Woocommerce
  2. Menjual Konten dan memanfaatkan Ads. Pernahkah anda membaca suatu berita/artikel di Website dan anda menemui Iklan diantara artikel tersebut? Nah itu yang saya maksud, para content writerΒ atau publisher sudah mulai melirik menggunakan wordpress daripada Blogspot untuk me-monetize websitenya karena penggunaan WordPress yang cukup mudah dan fleksibel. Kita dapat menempatkan iklan dimana-mana terserah kita, baik dengan cara mudah menggunakan Plugin WordPress ataupun dengan cara sulit menyematkan code iklan diantara lipatan berita. Penggunaan wordpress juga dinilai cukup pas untuk kegiatan ini karena pengaturan SEO dan Optimasinya juga cukup mudah dibanding menggunakan Framework jenis yang lain.Β  Semakin sering sebuah website dilihat maka semakin banyak pula probabilitas iklan untuk diklik dan sudah jelas bahwa monetizing wordpress dapat dilakukan dengan cara ini. Iklan yang dipasangpun sebenarnya banyak sekali jenisnya dari mulai yang yang kecil , besar ataupun nude πŸ˜€ . Hayooo siapa yang sering lihat Film Streaming Bajakan banyak iklannya kan? πŸ˜€ , nah itu juga merupakan contoh penggunaan metode ini, meski saya juga tidak merekomendasikannya πŸ˜› . Diantara film-film yang kita tonton kadang banyak sekali jumlah iklan yang harus kita klik nah mereka dapat duitnya dari iklan ituh… πŸ˜€ . Adapun cara yang paling umum menggunakan metode ini biasanya menggunakan Adsense dari Google, mungkin anda bisa mencobanya πŸ™‚ . Mungkin lain hari saya akan mencoba membahasnya di Website ini he he… saya sertakan juga beberapa screenshot pendapatan yang dapat dihasilakan dari Metode ini πŸ˜€Monetizing WordPress With Ads.
  3. Building List. Nah yang ini mungkin agak asing, tapi kadang kita masuk kedalam jebakan Building List ini. Biasanya ini merupakan mainan anak-anak Digital Marketing atau Internet marketing yang memanfaatkan List Email/Phone yang mereka punya untuk menjual produk mereka. Sedikit berbeda dengan Ecommerce (meski kadang ada juga yang menggabungkannya), metode Building List ini akan lebih aggresive menawarkan sebuah dagangan kepada customernya.Β  Oke sebagai contoh sederhananya adalah pernahkah anda mendapatkan sebuah tawaran disebuah website yang tulisannya kurang lebih begini “Dapatkan Ebook xxx Gratis sekarang Juga” dan dibawahnya anda ditawarkan untuk mengisi sebuah Form yang berisikan Nama, Email, dan No Telepon ?. yah dan setelah anda mengisinya memang sih anda mendapatkan ebook-nya, namun bisa jadi isinya malah mengarahkan kita untuk membeli produk lanjutannya πŸ˜› . Dan kadang tanpa kita sadari kita sudah menjadi Objek Marketing dari sipemilik website dan kita akan dikirimi email atau SMS secara berkala yang ujung-ujungnya agar membeli sebuah Produk. Metode ini biasanya probabilitas untuk mendapatkan seseorang untuk membeli akan lebih besar karena “anda akan selalu disuguhi Produk didepan mata anda yang anda tinggal pilih tanpa harus menuju kepasar “. Dan uniknya metode ini juga dikemudian hari akan dapat digunakan berkali-kali untuk melakukan upsales.
  4. Artikel masih bersambung πŸ˜€ ….