Kemarin lalu saya sudah mencoba membuat akun transferwise dan sukses πŸ™‚ . Nah sekarang waktunya untuk mencobanya withdrawl dari transferwise ke Bank Lokal (dalam hal ini adalah Bank Mandiri). Eh iya sekaligus saya juga pengen nih membandingkan dengan Paypal biar tahu mana yang ratenya lebih bagus πŸ˜€ . Nah untuk memulai Withdarl, silahkan mulai dengan login ke akun Transferwise. dan Klik “recipiens” pada bagian kiri (sidebar).

Gambar 01 – Membuka Tab Recipients

Transferwise Demo Tutorial 01

Transferwise Demo Tutorial 01

Kemudian setelahnya akan muncul detil tentang rekening anda, baik nama, email , nomor rekening yang telah ditambahkan untuk keperluan withdrawl (baca disini kalau belum buat). Dan klik tombol Send Money. pada Tombol ini anda akan diarahkan untuk menuju pada pilihan jumlah pembayaran dan dengan metode apa anda akan membayar. Pada pilihan tersebut ada detil tentang biaya dan kapan dana kita sampai.

Gambar 02 – Detil Bank Lokal

Transferwise Demo Tutorial 01

Transferwise Demo Tutorial 02

Nah setelahnya perlu diperhatikan bahwa rekomendasi saya sih pilih saja opsiΒ Your TransferWise accountΒ (Gambar 03) dimana NO EXTRA FEE alias gratis (padahal ada meski kecil πŸ˜›Β  sekitarΒ  $1.64 ~ tergantung yang diwithdrawl ), terus klik continue. Oh iya sekalin nih saya coba bandingkan ratenya dengan paypal ya, jadi tahu perbandingannya.

Saya membuka 2 browser dan membandingkannya. Pada tanggal yang sama dan jam yang sama saya mencoba memwithdrawl dana sejumlah $50 USD. Dari gambar terlihat bahwa ternyata Transferwise juga ada feenya. Sedangkan Paypal tidak. Tapi, coba lihat digambar lebih jelas, meski Transferwise mengenakan fee sejumlah 1.64 USD tapi nilai Rupiah yang saya dapat lebih besar dibandingkan dengan withdrawl melalui Paypal.

Usut punya usut ternyata kursnya memang berbeda, Disaat yang sama Transferwise memberikan nilai tukar rupiah yang lebih baik dibandingkan dengan Paypal. Transferwise memberikan rate yang hampir mirip dengan Kurs Beli diIndonesia yaitu sebesar Rp 14.685,- , sedangkan Paypal yang gratis fee mengenakan kurs Rp 14.104, bener bener vangkeeeee πŸ˜€ .

Gambar 04 -Perbandingan nilai tukar Paypal dan Tranferwise

Perbandingan nilai tukar Paypal dan Tranferwise

Perbandingan nilai tukar Paypal dan Tranferwise

Lanjut ke Transferwise, nah setelah anda melakukan seperti gambar diatas, click confirm and continue. Dan anda akan melihat success transfer seperti gambar dibawah. Oh iya jangan lupa sewaktu anda ingin melakukan withdrawl, ada beberapa pilihan, silahkan pilih yang mempunyai nilai yang terbanyak ya πŸ˜€ (yang potongannya paling sedikit) , karena metodenya macam-macam, ada yang ACH (perlu waktu lama), ada pula yang langsung saving (saat saya melakukan ini membutuhkan waktu hanya 2 Jam untuk sampai ke rekening saya).

Success Transfer dari Transferwise ke Bank Lokal

Success Transfer dari Transferwise ke Bank Lokal

Setelah saya melakukan hal tersebut, saya menerima email dari Transferwise dan kaget juga emailnya bagus, yaitu notifikasi sekaligus monitoring perjalanan uangnya, kayak kiriman Paket gitu πŸ˜€ . Uniknya nggak musti Jam kerja, saya menjajalnya di jam paling extrim yaitu jam 1 Pagi, dan beneran Jam 3 pagi sudah sampai ke rekening Bank πŸ˜€ .

Gambar 06 – Notifikasi Email Withdrawl Transferwise

Notifikasi Email Withdrawl Transferwise

Notifikasi Email Withdrawl Transferwise

Wah keren nih, besok kayaknya bisa dicoba lagi πŸ˜€ .