Pagi itu co-Worker saya mengeluh karena Mac Air 2015 yang dipakai untuk bekerja tiba-tiba blank screen. Screen-nya warnanya hitam, setelah diperiksa, masalahnya ada dibagian SCREEN Mac Air 2015 yang musti harus diganti. Dalam beberapa kesempatan saya menyuruhnya untuk ke beberapa service center dan menemukan fakta bahwa screen harus diganti dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, kurang lebih sekitar 2,5 Juta untuk penggantian beserta pemasangannya. Itupun dikawasan Jakarta, sedangkan dikawasan semarang kalaupun ada, musti nunggu 3 mingguan karena spare-part jenis ini sangat jarang yang jual. Ada sih bekas, tapi sepertinya nggak deh musti new 😀 .

Tak sedikit yang menolak juga untuk memasangkan karena resiko yang cukup tinggi, dan malah mengarahkan agar membeli sekalian Assembly-nya biar gampang dipasang hah hah, yang ternyata membutuhkan biaya yang jauuuuuhhhhh lebih mahal sekitar 5.5 Juta (itupun dijanjikan 3 minggu perbaikan). Setelah berdiskusi dengan kawan saya akhirnya kami memutuskan untuk reparasi sendiri dan membeli onderdil-nya Via Online Ebay (yang lokal kebetulan habis dan harganya mahalllllll serta barangnya tidak ready stock!).

Saya coba berkomunikasi dengan beberapa seller di Ebay, saya mendapatkan yang rating/feedback bagus dalam bulan-bulan terakhir, setelah melakukan komunikasi akhirnya saya memutuskan membeli barangnya. Satu hari setelah melakukan Purchase langsung di-wrap dan seller mengirimkan tracking link. Belakangan saya mengetahui bahwa pengiriman dilakukan menggunakan Expedisi DHL.

Beberapa tahun silam saya sering membeli Via Ebay, dan kalau barang datang memang sangat lama sekitar 3 minggu (jasa kurir EMS Post Indonesia), dan sepertinya saya tidak bisa menunggu selama itu karena banyak pekerjaan tertunda karena ini peralatan tempur kerja Kami. Oh iya kali ini sekalian experimen nyoba pakai expedited Shipping 😀 yang ada di Ebay, pengennya sih tahu apa bedanya dengan yang economy shipping. Saya memutuskan pakai Expedited Shipping (tambahan $35) karena ada real-trackingnya dan kalau dikalkulasi masih jauh lebih murah dari harga lokal. Tanggal 21 Februari 2020 saya membeli dan…… 

Packing DHL telah Tiba

eng ing eng tanggal 26 Februari siang barangnya saya terima 😀 . Lhahhhhh… kaget juga ternyata tidak ada seminggu datengnya dari Hongkong ke Kota Kudus (Via DHL Semarang).

Tracking DHL Status

Oh iya, ngomong-ngomong saya kena charge juga sekitar Rp 299.000,-  yang saya bayarkan ke DHL (inipun masih dibawah harga lokal yang ditawarkan) sebagai biaya custom (Pajak dan Jasa). Dan biaya ini dapat dibayar COD (Cash On Delivery) ataupun Online. Sepanjang paket diterima saya selalu menerima SMS notifikasi keberadaan barang beserta Linknya yag apabila kita klik kita dapat mengetahui detil status barang.

SMS ALERT DHL

Waktunya mBongkar Barang Ebay, eh, wrappingnya bagus sekali, dia menempelkannya pada kardus tebal dan menambahi dengan plastik foam, kemudia masih diberi busa diatasnya agar longgar, screennya nggak ke tekan.

Buka Wrapping DHL Ebay

So far, i’m satisfied….. PR selanjutnya tinggal masangin saja ke Mac Air 2015 yang rusak 😀 . Semoga sukses, kalau nggak ya beli lagi he he…., mungkin sama assembly-nya lol, dan harganya dibawah harga screen-nya doang kalau di Lokal-an ^_^.